Thursday, March 20, 2008

RAHASiA EKOR CiCAK

Cicak terkenal sebagai pemanjat yang ulung. Binatang yang satu ini mampu memanjat dinding tegak lurus bahkan merayap pada atap. Kemampuan ini dimiliki cicak karena ke-4 kakinya yang memiliki bulu-bulu halus yang mampu melekat pada permukaan apapun. Namun tidak banyak yang tahu bahwa ekor cicak juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan.
Para peneliti dari University of California, Berkeley baru-baru ini menemukan bahwa ekor cicak ini berfungsi sebagai penyeimbang pada saat cicak memanjat permukaan yang tegak lurus. Pada saat cicak terpeleset, ujung ekornya akan mendorong permukaan sehingga kepala dan bagian atas tubuh cicak tidak akan menjauh dari permukaan dinding.
Dalam keadaan normal ekor ini akan menempel pada permukaan sehingga memberi cicak waktu sekitar 1/4 detik untuk melepas pegangan pada permukaan dan melangkah ke depan.
Namun bila semua usaha sudah gagal dan cicak harus terjatuh, maka ekor ini akan berfungsi sebagai penyeimbang sehingga posisi jatuh cicak selalu dengan ke-4 kakinya terlebih dulu menyentuh tanah. Ekor cicak mampu membuat seluruh tubuh cicak berputar hanya dalam waktu 1/10 detik saja.
Prinsip kerja ekor cicak ini rupanya juga telah diaplikasikan pada robot berkaki 4 yang memiliki kemampuan memanjat yang dinamai RiSE. Bahkan mungkin ke depannya, prinsip yang sama juga bisa diaplikasikan pada pesawat terbang. (kpl/roc)
Source: KPL 18-03-2008

No comments: