Saturday, January 19, 2008

Sayangi JANTUNG Anda !

Hidup dengan jantung sehat dambaan setiap insan yang menghindarkan Anda dari resiko sakit jantung. Kini Anda dapat mempraktekkan prinsip 3-5-7 untuk mempertahankan kesehatan jantung Anda. Banyaknya kasus kematian mendadak dan kesadaran akan pentingnya kesehatan jantung, Yayasan Jantung Singapura memperkenalkan prinsip 3-5-7 untuk jantung sehat.
Ketika banyak faktor resiko penyakit jantung yang tidak bisa kita ubah seperti umur, gender dan sejarah keluarga, Anda bisa segera berbuat sesuatu untuk menekan resiko penyakit jantung. Kadar kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, obesity (kegemukan), merokok, jarang berolah-raga dan stress,semua bisa memicu sakit jantung. Terapkanlah gaya hidup dengan jantung sehat dan ingat saja angka "3-5-7", segera terapkan pada makanan dan kegiatan olahraga Anda.
PRINSIP DIET
3 BANYAK
Yang terdapat di dalam serat, kesegaran dan protein dari tumbuh-tumbuhan. Konsumsilah banyak buah-buahan, sayuran, produk kedelai,kacang-kacangan dan jenis polong.
5 RENDAH
Yang terdapat di dalam lemak, kolesterol, garam, gula dan alkohol.
70 % KENYANG
Hindarilah makan terlalu kenyang hingga membuat Anda terpaksa melonggarkan tali pinggang. Lebih baik makan sedikit tapi agak sering ketimbang 3 kali sehari tapi sekenyang-kenyangnya.
PRINSIP OLAHRAGA
3 KM JALAN KAKI
Handalkan kedua kaki Anda untuk berjalan kaki minimum 5.000 langkah per hari ketimbang dengan roda (kenderaan). Gunakanlah pedometer untuk menghitung berapa langkah yang bisa Anda lakukan setiap hari
5 KALI SEPEKAN
Berolahraga harus termasuk dalam jadwal kehidupan kita, sama dengan keharusan menghadiri rapat di kantor atau hadir di sekolah / universitas.
170 KURANG UMUR
Ketika olahraga menjadi sangat baik bagi jantung kita, namun harus hati-hati agar tidak berlebihan. Jika usia Anda 50, Anda jangan sampai mencatat lebih dari 120 detak jantung per menit (170 - 50).
"Berolahragalah hingga kita merasa panas dan bernafas dengan longgar dan lega, jangan sampai berlebihan hingga nafas Anda sesak. Jika Anda sampai terengah-engah atau sesak nafas berbicara ketika sedang berolahraga, segera turunkan intensitas olahraga Anda", demikian pakar fisioterapi di Yayasan Jantung Singapura.
Source: The Straits Time - S'pore

No comments: