Monday, November 19, 2007

Save Our Forest!

Mengapa hutan harus diselamatkan?
Indonesia adalah salah satu negeri hutan hujan tropis (rain forest) terbesar dan terpenting di dunia. Namun saat ini mengalami ancaman degradasi dan deforestasi yang sangat serius dan terus berkurang dengan drastis akibat penebangan (illegal logging), kebakaran dan perubahan fungsi hutan menjadi lahan perkebunan, pertanian, pemukiman, areal wisata dan pertambangan (mining).
Apa saja manfaat hutan?
● Sumber bahan makanan, penghasil oxygen untuk bernafas, sumber kayu, penyerap karbondioksida, sumber air bersih, sumber bahan biokimia, sumber energi nabati, sumber tanaman obat, sumber tanaman hias dan budidaya, rumah bagi 80% makhluk hidup daratan, pemelihara kesuburan tanah, pencegahan pemanasan global, pengatur iklim, pencegah erosi dan tanah longsor, pengendali penyakit, memberi perlindungan dari angin dan badai, penyerap debu, sumber ilmu pengetahuan, sumber kekayaan genetik, pemberi inspirasi bagi seni dan budaya, pemberi nilai spiritual dan warisan budaya serta sumber kehidupan langsung dan tak langsung bagi milyaran orang di dunia.
► Mari berbuat sesuatu segera sekecil apapun demi kelestarian hutan kita, pulihkan kondisi hutan kita, tumbuh kembangkan kesadaran akan pentingnya pelestarian hutan bagi kehidupan manusia. Mulailah dari pendidikan penyadaran masyarakat akan manfaat hutan.
Let's keep green...
Source: A Revised Forest Strategy For The World Bank Group, 2002

No comments: