Friday, May 2, 2008

GOOGLE PETA-KAN SAMUDERA

California - Setelah memetakan sebagian besar daratan di bumi lewat Google Earth. Google juga telah sukses memetakan sebagian ruang angkasa lewat Google Sky. Maka, langkah logis selanjutnya bagi Google adalah menyelami samudera dan melakukan pemetaan dasar laut.
Untuk melakukan itu, sebuah kelompok penasehat yang terdiri dari ahli oseanografi telah dikumpulkan oleh Google. Bahkan, seperti dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (1/5/2008), para peneliti telah mulai berkumpul di markas Google untuk menciptakan peta oseanografi tiga dimensi.

Meski belum resmi, kemungkinan layanan ini akan dinamakan Google Ocean. Lewat layanan itu masyarakat akan bisa mengakses topografi dasar laut, mencari daerah-daerah yang menarik dan melakukan eksplorasi virtual pada area yang mencakup sebagian besar permukaan bumi tersebut. Secara resmi Google belum mau berkomentar mengenai layanan tersebut. Di sisi lain, peneliti oseanografi menyambut baik selentingan kabar tersebut. Google Ocean diyakini akan menjadi salah satu alat yang sangat membantu penelitian oseanografi. Diperkirakan, nantinya pihak ketiga bisa menambahkan data pada aplikasi Google Ocean. Hal tersebut saat ini telah diterapkan pada Google Earth dan Google Sky dengan data tambahan dari pihak ketiga seperti NASA.
Source: detikINET, by Wicaksono Hidayat, 01/05/2008 09:10 pm
Image: UOREGON

No comments: