Saturday, May 3, 2008

THE ART OF SKULL - SENi YANG KETERLALUAN

Pembaca, sebuah berita menarik dari tanah air, dikutip penulis dari salah satu harian di ibukota yang berkantor pusat di kawasan Kota, Jakarta Barat.
Petugas Kantor Bea Cukai Bandara Sukarno-Hatta, Rabu 30 April 2008, menunjukkan 3 buah tengkorak asli yang sudah dihias dan dicat. Ketiga tengkorak itu hendak dikirim kepada seseorang yang bernama Thompson di Yorkshire, Inggris Raya pada Selasa (29/04) via pos udara.
Menurut Kasi Penyidikan dan Penindakan Bea Cukai Bandara, Eko Darmanto, paket itu dikirim seseorang dengan nama Bodhi, beralamat di Denpasar, Bali. Disebutkan dalam clearance dokumen bahwa paket berisi kerajinan tangan kayu, rupanya tengkorak manusia asli.
Si pengirim dapat dikenai pasal 180 KUHP, yaitu penggalian dan pengambilan serta pemindahan kerangka untuk urusan lain tanpa izin. Catatan penulis: Ancaman hukuman penjara maksimum untuk pelaku ini adalah 1 tahun 4 bulan, terkesan singkat ya... Belum lagi jika terjadi mafia peradilan, ketika palu diketok, terdakwa mungkin saja bebas setelah dipotong masa tahanan dalam penyidikan. Ada ada saja para seniman di pulau dewata dalam mencermati setiap permintaan, yang pastinya dengan tawaran menggiurkan.
Source: Harian Warta Kota, Edisi Jumat, 02/05/2008.
Image from: Sgallery

No comments: