Wednesday, April 30, 2008

SiNAR MAS - THE BUSiNESS KiNGDOM

Secara keseluruhan, saat ini terdapat 4 usaha utama Sinar Mas, yakni pulp and paper product, agribusiness and food, financial service serta developer and real estate. Lainnya ada energy and mining, forestry, telecom (Smart Telecom) dan chemical. Terakhir merambah ke sektor AMDK (air minum dalam kemasan), melalui produk dengan nama Pristine, melalui salah satu anak perusahaannya, PT. Super Wahana Techno.

Menilik sejarah kerajaan bisnis Tuan Eka Tjipta Wijaya ini, dulunya ada Sinar Mas Group. Namun sejak direstrukturisasi pada tahun 2000, masing-masing unit usahanya sudah terpisah secara legal. Pemegang saham dan manajemennya tidak menyatu seperti Sinar Mas Group. Waktu masih dalam grup, disebut divisi-divisi. Sekarang jadi unit usaha. Manajemennya terpisah, pemegang sahamnya sendiri dan masing-masing dipimpin oleh manajemen yang terpisah, namun demikian tetap ada unsur keluarga Tuan Eka (The Founder).

Misalnya, di Sinar Mas Pulp and Paper, ada Tuan Teguh Ganda Wijaya. Di Agribusiness and Food ada Tuan Franky Wijaya. Di Financial Service, ada Tuan Indra Wijaya, serta di Developer and Real Estate ada Tuan Mochtar Wijaya. Masing-masing sudah berbeda holding dan manajemennya.

Penulis menilai, dengan status Tbk. (terbuka) pada tiap unit usaha, menjadikan tiap unit usaha lebih profesional dengan manajemen ringkas. Lebih mudah dikontrol publik karena kepemilikan saham di masyarakat luas. Anak dan keluarga Tuan Eka hanya pemegang saham pendiri saja, tidak memegang kendali.

Agar ke-4 unit usaha Sinar Mas mampu mengkomunikasikan berbagai kebijakan untuk hal yang dijalankan secara umum, maka dibentuklah president office, yang membawahi Corporate Social Responsibility (CSR), Business Development, Corporate Communication and Public Relation serta Business Compliance. Tugas CSR ini dilaksanakan oleh ETF (Eka Tjipta Foundation).

ETF didirikan pada 17 Maret 2006 sebagai organisasi nirlaba keluarga Tuan Eka. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam aspek sosial, ekonomi dan lingkungan hidup dengan memberikan kontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara secara berkelanjutan (sustainable). Sebagai Ketua ETF adalah Tuan Eka, wakil ketua ada 5, sesuai urutan keluarga dari yang paling tua, yakni Teguh, Indra, Muchtar, Djafar dan Franky Oesman Widjaya. Kesimpulannya, setiap unit usaha Sinar Mas harus memenuhi standar yang dikontrol President Office. Untuk hal-hal yang bersifat social development dan charity, dikelola oleh ETF.
Source: Dikutip dari berbagai sumber di Sinar Mas. Jakarta, 30-04-2008.
The ETF image taken from: Avigra

No comments: