Monday, January 7, 2008

BRUNEI Terkaya, NEPAL Termiskin

Laporan badan-badan statistik regional yang dikordinasikan oleh Asian Development Bank di akhir Desember 2007 menunjukkan perbedaan luas dalam taraf hidup di Asia. Brunei menempati urutan teratas daftar negara terkaya juga yang paling royal di Asia berdasarkan pendapatan per kapita, demikian hasil survei yang disiarkan 10 Desember 2007 di HongKong, sementara Nepal adalah negara termiskin berdasarkan kedua ukuran di atas.
Negeri kecil Kesultanan Brunei yang kaya memiliki produk domestik bruto (GDP) per kapita 13 kali lipat lebih tinggi daripada rata-rata GDP regional sebesar 20.432 HKD (USD 2.621) dan 40 kali lebih besar ketimbang angka Nepal yang menghuni urutan terbawah. Brunei disusul oleh Singapore, Macau, HongKong dan Taiwan. Selain Nepal, negara-negara termiskin itu termasuk Bangladesh, Cambodia, Laos dan India. Studi ini meliputi 23 negara termasuk Jepang, Korea Selatan dan Timor Leste.

India, salah satu negara dengan perkembangan perekonomian tercepat di dunia, memiliki pendapatan per kapita sebesar 12.090 HKD (USD 1.551), masih jauh di belakang rata-rata regional dan juga di bawah Sri Langka dan Pakistan. Sedangkan China menempati urutan di atas rata-rata dengan pendapatan per kapita sebesar 23.267 HKD (USD 2.986).

Royal
Sementara itu, orang HongKong paling royal menurut ukuran taraf hidup rumah tangga yang disebut indeks pengeluaran konsumsi final aktual per kapita. Taiwan dan Brunei menempati posisi kedua dan ketiga. Dalam hal pengeluaran, Beijing dan India sama-sama ada di belakang angka rata-rata regional.

Source: "2007 International Comparison Programme in Asia and The Pasific: Purchasing Power Parity and Real Expenditure" - World Bank Programme. Associated Press.
Foto: Bandar Seri Begawan City - Brunei Darussalam


No comments: