Monday, December 17, 2007

Sebutir APEL Sehari, Jauhkan Diri Dari Dokter

Memakan sebuah apel dalam sehari dapat menjauhkan diri anda dari dokter berkat kandungan anti-oksidan yang sangat kuat di dalam buah tersebut, demikian para peneliti di Amerika Serikat. Pada uji coba terhadap otak tikus yang dirawat dan mendapat anti oksidan, terbukti kerusakannya lebih kecil dari otak tikus yang tidak mendapat perawatan
Anti oksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, yang dipicu oleh berbagai faktor lingkungan kita seperti sengatan sinar matahari, reaksi kimia makanan dan ketegangan dalam hidup.

Percobaan itu mencelup otak tikus dalam quercetin, atau vitamin C sebagai senyawa anti-oksidan lain. Sel-sel ini kemudian mengeluarkan hidrogen peroksida untuk memalsukan sel oksidatif yang rusak, suatu peristiwa yang menjadi penyebab pikun. Sel yang mendapat perawatan ini secara mengejutkan mendapat kerusakan yang sangat kecil dibanding dengan yang tidak mendapat perawatan anti-oksidan. Sebagai dasar takaran, sebuah apel segar mengandung quercetin yang tinggi jika dibandingkan dengan buah dan sayur lain.

Orang harus makan lebih banyak apel segar. Kulit apel mengandung quercetin yang tertinggi, sehingga jus apel merupakan sumber yang baik. Jenis lain yang mengandung quercetin adalah bawang, blueberry dan cranberries.
Nah, sudahkan Anda makan apel hari ini?
Source: Reuter's

No comments: